Pantangan Makanan Penyakit Liver

Tidak semua makanan bisa dikonsumsi oleh penderita liver, ada beberapa pantangan makanan penyakit liver yang perlu dihindari guna untuk mempercepat proses penyembuhan yang sedang dijalani demi mendapatkan hasil yang optimal.

Pantangan Makanan Penyakit Liver Hati atau liver merupakan organ yang sangat penting bagi tubuh manusia, dimana hati berfungsi untuk menyaring nutrisi yang masuk ke dalam tubuh serta untuk menetralisir racun yang masuk melalui makanan, sebelum akhirnya dicerna oleh seluruh tubuh.

Pada umumnya penyakit liver disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, karena sebagian besar orang selalu mengonsumsi makanan cepat saji sehingga tidak memperhatikan asupan makanan yang baik bagi tubuh. Dan pola makan seperti itulah yang bisa menyebabkan hati mengalami gangguan dan kerusakan.

Terdapat beberapa pantangan makanan penyakit liver yang perlu dihindari oleh penderita, yang mana jika dikonsumsi secara terus-menerus bisa memperparah gejala dan kondisi penyakit liver anda, serta bisa menghambat proses kinerja obat yang saat ini sedang anda jalani.

Jika ingin mendapatkan hasil yang optimal, maka hindarilah berbagai pantangan makanan penyakit liver agar cepat untuk mendapatkan kesembuhan. Karena penderita liver harus benar-benar menjaga asupan makanan, supaya tidak menimbulkan dampak buruk yang tidak diinginkan.

Pantangan Makanan Penyakit Liver

Penderita liver sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi, yang kaya akan vitamin, mineral dan nutrisi lainnya yang bisa membantu untuk mempercepat proses penyembuhan.

Selain itu juga, ada beberapa pantangan makanan penyakit liver yang sangat wajib dihindari oleh anda sebagai penderita. Berikut beberapa pantangan makanan penyakit liver, diantaranya adalah :

1. Alkohol

Mau seperti apapun bentuknya, dan bagaimanapun rasanya penderita liver sangat dianjurkan untuk menghindari minuman yang mengandung alkohol. Karena alkohol merupakan pantangan utama bagi penderita liver.

Jika anda masih mengonsumsi minuman beralkohol tersebut, maka anda juga harus siap dengan segala risiko yang nantinya bisa muncul dalam sewaktu-waktu.

2. Minuman Yang Berkarbonasi

Pantangan makanan penyakit liver yang selanjutnya adalah minuman yang berkarbonasi atau bersoda. Dimana minuman bersoda juga menjadi pantangan bagi penderita liver, dan biasanya minuman tersebut sering sekali bersanding dengan makanan cepat saji.

Minuman bersoda tersebut mengandung fruktosa tinggi sehingga bisa membuat kerusakan pada organ hati. Dan bukan hanya itu saja, minuman bersoda juga bisa meningkatkan diabetes dan obesitas.

3. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji mengandung lemak jenuh, serta rendah nutrisi. Yang mana makanan cepat saji juga mengandung berbagai macam jenis penyakit seperti kolestrol, tekanan darah tinggi, stroke, dan liver.

Maka dari itu makanan cepat saji sangat dianjurkan untuk dihindari penderita liver, karena lemak yang terkandung di makanan tersebut sulit untuk dicerna oleh organ hati shingga timbulnya penyakit liver.

4. Makanan Kalengan

Makanan kalengan seperti kornet, sarden, dan manisan buah yang di dalam kaleng juga dianjurkan untuk dihindari dari penderita liver. Karena makanan kaleng mengandung banyak garam sebagai pengawet, pewarna dan pemanis buatan.

Dan makanan kaleng juga bisa menanbah lemak yang mengendap di dalam tubuh, sehingga berisiko menimbulkan kerusakan pada organ hati dan menyebabkan terjadinya obesitas.

5. Makanan Yang Mengandung Tinggi Lemak

Pantangan makanan penyakit liver terakhir adalah makanan yang mengandung tinggi lemak. Dimana makanan ini dapat berisiko munculnya gangguan dan kerusakan pada organ hati. Makanan tinggi lemak seperti :

  • Jeroan
  • Gorengan
  • Susu
  • Full krim dan olahannya
  • Makanan yang bersantan
  • Berbagai cake
  • Beberapa makanan seafood, seperti kepiting, kerang, lobster, dll
  • Dan berbagai makanan lemak lainnya

Itulah berbagai pantangan makanan penyakit liver yang wajib dihindari, jika anda ingin mendapatkan hasil yang optimal dan memuaskan dari proses penyembuhan yang sedang anda jalani saat ini. 

Selain menjauhi pantangannya, penderita liver juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi serta mengandung vitamin yang baik agar penyakit liver dapat tersembuhkan dengan cepat.

Demikian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda yang sedang ingin mengetahui seputan penyakit liver. Lekas sembuh dan Salam sehat

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *